aplikasi screenshot laptop
source image : freepik.com

5 Aplikasi Screenshot Laptop 2023 Terbaik yang Kaya Fitur

Pendahuluan

Artikel ini akan membahas tentang aplikasi screenshot laptop 2023 terbaik yang kaya akan fitur, simak selengkapnya disini. Mengambil tangkapan layar adalah hal yang kerap dilakukan oleh banyak pengguna laptop, dan cara yang sering digunaan sejak dulu adalah menekan tombol PrtSc.

Dan seiring waktu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengambil tangkapan layar, dan salah satunya dengan menggunakan aplikasi mengambil tangkapan layar Selain itu, mengambil tangkapan layar adalah hal yang penting , dimana hal ini kerap digunakan untuk keperluan pribadi atau pekerjaan.

Perlu diketahui, aplikasi mengambil tangkapan layar sangat banyak, dan salah satu aplikasi bawaan dari Windows dan banyak diketahui adalah SnippingTool. Dan dari sekian banyaknya aplikasi mengambil tangkapan layar, tentunya dibagi menjadi dua, ada aplikasi yang gratis dan berbayar.

Pengguna yang menggunakan aplikasi gratis tentunya hanya bisa menggunakan fitur-fitur tertentu saja, berbeda dengan aplikasi berbayar. Dimana, pengguna bisa menggunakan fitur lebih banyak dan beragam dibandingkan dengan aplikasi gratis, berikut ini adalah rekomendasi aplikasi mengambil tangkapan layar, simak berikut.

5 Aplikasi Screenshot Laptop 2023 Terbaik yang Kaya Fitur

Lighshot

Rekomendasi aplikasi mengambil tangkapan layar pertama adalah Lightshot, dimana program ini memiliki tampilan yang sederhana dan ringan. Jadi, program ini adalah opsi yang tepat jika pengguna ingin tidak banyak mengurangi penyimpanan.

Greenshot

Rekomendasi aplikasi mengambil tangkapan layar kedua adalah Greenshot, dimana aplikasi tangkapan layar ini hanya tersedia di sistem operasi Windows. Dan sama halnya dengan Lightshot, Aplikasi Greenshot memiliki ukuran yang ringan, yakni sekitar 16MB saja.

Sama halnya dengan SnippingTool, Greenshot adalah salah satu aplikasi bawaan yang dimiliki oleh Sistem Operasi Windows. Akan tetapi jika dibandingkan dengan SnippingTool, Greenshot tentunya memiliki banyak fitur, contohnya dapat mengunggah dan mengekspor hasil tangkapan ke berbagai format.

ShareX

Rekomendasi aplikasi mengambil tangkapan layar ketiga adalah ShareX, dimana aplikasi ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Dan keunggulan dari ShareX adalah memiliki scrolling Capture yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar panjang di aplikasi tertentu.

Tentunya fitur yang dimiliki oleh ShareX tidak hanya itu, banyak fitur lain yang lebih menarik dibandingkan dengan fitur tersebut, contohnya menyediakan watermark untuk hasil tangkapan layar, bisa digunakan secara gratis, tidak ada iklan pada aplikasi, dan masih banyak lagi.

Snipping Tool

Rekomendasi aplikasi mengambil tangkapan layar keempat adalah SnippingTool, sama halnya dengan Greenshot, SnippingTool hanya bisa digunakan pada Windows. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini adalah aplikasi bawaan Windows.

Dan perlu diketahui, Snipping Tool sendiri sudah ada sejak lama, yakni sejak Windows Vista, akan tetapi masih tidak terlalu banyak yang mengetahui aplikasi ini. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dengan bebas di jendela yang sedang aktif maupun fulscreen.

ScreenPresso

Rekomendasi aplikasi mengambil tangkapan layar terakhir adalah ScreenPresso, dimana aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna yang kerap menggunakan tema gelap. Tidak hanya itu, ScreenPresso sendiri sangat cocok untuk pengguna yang kerap membuat gambar tutorial.

Dan aplikasi ini memang sangat terbukti untuk melakukan aktivitas tersebut, karena didukung oleh berbagai fitur yang membantunya. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah menu pada ScreenPresso lebih jelas dan terstruktur, dapat menambahkan teks di gambar, dan menambahkan grafik warna-warni pada gambar agar lebih jelas.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengambil layar di laptop atau PC, dan tentunya Snipping Tool adalah salah satu aplikasi yang tidak asing dan banyak diketahui oleh pengguna laptop. Karena selain mudah digunakan, aplikasi tersebut sudah tersedia di sistem operasi Windows dan memiliki kapasitas yang ringan.

Dari kelima aplikasi untuk menangkap layar laptop yang disajikan diatas, semuanya adalah aplikasi yang gratis. Sehingga Anda pun sebagai pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar aplikasi setiap bulannya, terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *